Kamis, 12 Maret 2009

all about blog

1. Pengertian Blog

blog atau weblog adalah catatan pribadi sesorang di internet. berisi informasi yang sering di update dan kronologis. blog lebih identik dengan sebuah diary. perbedaan mendasar adalah bahwa blog bisa dibaca siapa aja. banyak blog yang fokus terhadap satu objek informasi, misalnya politik, web design, olah raga dll. tapi kebanyakan blog itu lebih seperti jurnal pribad yang berisi informasi perjalanan dan kehidupan sehari-hari seseorang blogger (baca: tukang ngeblog :D) dan pemikirannya.


beberapa ciri blog :


isi utama biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategori terdapat arsip untuk berita atau informasi lama
ada tempat buat orang lain meninggalkan pesan atau memberi komentar
biasanya terdapat link ke web/blog favorit atau yang sering dikujungi, biasanya disebut blogroll dan beberapa fasilitas lainnya, namun sebagian besar blog/weblog memiliki fasilitas seperti disebut diatas. membuat blog nggak harus punya domain atau hosting, karena saat ini banyak sekali penyedia layanan untuk pembuatan blog secara gratis, misalnya blogger, pitas, blopgdrive dll. persyaratannya juga nggak susah, nggak harus ngerti pemrograman ato web design untuk punya blog, karena sudah disediakan template yang bisa dipilih dan diubah. so jangan sampe ketinggalan, buruan daftar dan mulai nge-blog. kalo jaman dulu, punya imel ajah udah keren, sekarang nggak lagi, sekarang jamannya bikin blog dan punya blog.

2. Manfaat blog untuk pendidikan

Secara umum pendidikan kecakapan hidup bertujuan memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi perannya di masa datang. Secara khusus pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup bertujuan untuk:

1. mengaktualisasikan potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problema yang dihadapi;

2. merancang pendidikan agar fungsional bagi kehidupan peserta didik dalam menghadapi kehidupannya di masa datang;

3. memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengembangkan pembelajaran yang fleksibel, sesuai dengan prinsip pendidikan berbasis luas, dan;

4. mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya di lingkungan sekolah, dengan memberi peluang pemanfaatan sumberdaya yang ada di masyarakat, sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah.

Secara umum manfaat pendidikan berorientasi pada kecakapan hidup bagi peserta didik adalah sebagai bekal dalam menghadapi dan memecahkan problema hidup dan kehidupan, baik sebagai pribadi yang mandiri, warga masyarakat, maupun sebagai warga negara. Jika hal itu dapat dicapai, maka faktor ketergantungan terhadap lapangan pekerjaan yang sudah ada dapat diturunkan, yang berarti produktivitas nasional akan meningkat secara bertahap.

3. Situs-situs yang memberikan fasilitas Blog

Berikut ini adalah situs-situs yang memberikan kepada kita fasilitas blog

1. www.blogger.com

2. www.wordpress.com

3. www.multiply.com

4. www.pitas.com

5. www.blogdrive.com

6. dll

4. Sejarah Blog

Sering kita dengar yang namanya blog. Atau bahkan saat ini kita memiliki blog entah itu di mana, tapi pernakah kita menyelidiki sejarah dari blog..mengapa ada blog?
berikut ini artikel yang saya dapatkan dari berbagi blog maupun situs mengenai sejarah blog, semoga berguna buat tugas kalian atau bahkan buat pengetahuan aja!


Blog pada mulanya bernama "weblog" namun kata "weblog" tersebut di singkat menjadi blog. istilah weblog sendiri diperkenalkan oleh seseorang yang bernama Jorn Barger tepatnya pada bulan Desember 1998. Beliau menamakan weblog untuk orang yang memiliki website pribadi dan sering mengupdatenya.

media blog sendiri pertama kali dipopulerkan oleh dedengkot blog, yaitu: blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, dan perusahaan ini akhirnya diakuisisi oleh raja mesin pencari: Google.com pada akhir tahun 2002 lalu.

banyak orang yang mengira bahwa blog merupakan catatan harian dari si empunya blog tersebut, tetapi kini blog mempunyai fungsi yang sangat beragam , dari pengamatan saya, kini blog dijadikan sebagai ladang usaha, mencari koneksi,media publikasi, iklan, kampanye politik hingga dijadikan sebagai site resmi sebuah usaha. mayoritas blog yang ada dapat dimiliki secara gratis termasuk di my.opera.com


Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktifitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

5. Manfaat blog bagi siswa

Dari sekitar 100 siswa selama 180 hari sejak awal semester 2007/2008, saya melemparkan berbagai tugas yang berkaitan dengan mata pelajaran produktif pada jurusan Teknisi Komputer Jaringan (TKJ), 95% dari mereka mengirimkan tugasnya melalui weblog masing-masing (100% memanfaatkan layanan blogger.com).

Dari 95 siswa yang telah mengirimkan tugasnya melalui blog masing-masing, 75 diantaranya melanjutkan melakukan posting diluar tugas yang saya berikan sebelumnya.

Dari 75 siswa yang berlanjut dengan blognya merasa kurang puas dengan 1 (satu) blog yang mereka miliki, sehingga mereka mencoba membuatnya kembali dengan selera masing-masing (98% masih setia bersama blogger.com), sepertinya mereka masih mendapat serangan demam weblog.

Dari 75 siswa yang “gonta-ganti wajah”, hanya 30% yang masih dapat ditemukan beberapa artikel barunya terposting, meskipun 95% diantaranya menggunakan metode copy-paste.

Terhitung 75 hari yang lalu, saya tetap memberi perhatian terhadap 30% (sekitar 22 blog siswa), dan tidak lebih dari separuhnya - 9 blog siswa - yang terlihat tampil dengan minimal 1 (satu) posting baru dalam blognya.

Selama libur semester (30 Desember 2007 - 13 Januari 2008 nanti), hanya 1 blog siswa yang terlihat melakukan posting (31 Desember 2007).

Dari 100 siswa tersebut, tidak lebih dari 10% siswa yang masih “berceloteh” melalui blognya ternyata “memiliki pengetahuan baru” yang lumayan signifikan pada mata pelajaran produktif yang saya berikan. Terbukti dengan beberapa soal berkaitan seputar “general internet” yang saya sisipkan pada soal ujian semester, hanya 5% yang dapat menjawabnya dengan tepat.

Membudayakan weblog kepada siswa sepertinya harus benar-benar mendapat perhatian khusus agar mereka tidak terlalu jauh terlempar dari industri informasi global. (*kutipan dari seorang guru)

*referensi

http://rencya.wordpress.com/category/manfaat-blog-bagi-siswa/

http://my.opera.com/nicoustic/blog/show.dml/1480610

http://locsupport.blogspot.com/2008/01/pengertian-blog.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar